Jumat, 05 Februari 2010

ChoNdromaLLAcia

Anda Knee Pain: Apakah Chondromalacia?

Chondromalacia, secara teknis disebut chondromalacia patelae, adalah penyebab paling umum kronis sakit lutut. Kondisi berkembang karena pelunakan tulang rawan di bawah tempurung lutut (patela), mengakibatkan kerusakan daerah yang lebih kecil dan rasa sakit di sekitar lutut. Bukannya meluncur mulus di atas lutut, topi lutut menggosok terhadap tulang paha (femur) ketika lutut bergerak. Perubahan dapat berkisar dari ringan untuk melengkapi tulang rawan erosi. Proses ini kadang-kadang disebut sebagai sindrom patellofemoral.

Chondromalacia biasanya terjadi pada wanita. Gadis dalam remaja berada pada resiko tinggi karena tulang rawan dari lutut tunduk pada tekanan yang berlebihan dan tidak merata karena perubahan-perubahan struktural yang menyertai pertumbuhan cepat.Chondromalacia mungkin juga terjadi pada orang dewasa di atas umur 40 sebagai bagian dari memakai air mata-dan-proses yang akhirnya mengarah pada osteoartritis sendi lutut.

Faktor lain yang mungkin endapan chondromalacia termasuk trauma, berlebihan, atau kekuatan abnormal pada sendi lutut. Hal ini dapat berkembang pada pemain ski, pelari, pengendara sepeda, dan pemain sepak bola, terutama jika seseorang berkaki pengkar atau flat-footed. Sakitnya chondromalacia terjadi di depan atau bagian dalam lutut.Rasa sakit umumnya lebih buruk dengan kegiatan seperti berlari, melompat, menggunakan tangga, atau berlutut. Rasa sakit juga biasanya lebih buruk setelah lama duduk dengan lutut ditekuk. Sakit ini disebut "teater tanda" dari chondromalacia.

Mungkin ada kelembutan lutut bersama dengan sebuah kisi atau penggiling sensasi ketika lutut diperpanjang. X-ray lutut normal pada umumnya chondromalacia tetapi mungkin menunjukkan sedikit perpindahan dari topi lutut. (Bahkan jika Anda memiliki gejala yang konsisten dengan chondromalacia, dokter Anda mungkin masih memesan sebuah X-ray untuk menyingkirkan alasan-alasan lain untuk sakit lutut Anda.) Antiinflammatory non-steroid obat-obatan seperti ibuprofen (Advil / Motrin) atau naproxen (Aleve) sering diresepkan baik untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi proses peradangan kronis yang meningkatkan kerusakan struktural. Icing lutut juga dapat membantu.

Chondromalacia biasanya dirawat secara konservatif dengan latihan yang dirancang untuk memperkuat otot-otot sekitar lutut dan mengembalikan alignment normal topi lutut. Latihan-latihan ini harus hati-hati dirancang untuk selektif memperkuat otot paha (paha depan) dan menyetel kembali patela.

Sekitar 85% dari pasien dengan meningkatkan chondromalacia dengan pengobatan konservatif sendirian dan tidak memerlukan terapi lebih lanjut.. Pada sekitar 15% kasus, nyeri menetap atau semakin memburuk sampai-sampai bedah koreksi dari sendi lutut mungkin diperlukan.Meskipun tidak selalu mungkin untuk mencegah chondromalacia, menghindari trauma dan tekanan yang tidak normal pada lutut dan menjaga otot-otot kaki kuat dan fleksibel mungkin dapat membantu untuk mencegah pembangunan di banyak kasus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar